top down
CLICK TITLE TO READ MORE/AYO GABUNG DI BISNIS ONLINE 100%GRATIS SILAHKAN CLICK BENER DI ATAS

2 Juli 2011

Syarah Shahih Muslim Jilid I

Judul asli : Syarah Shahih Muslim

Penulis : Imam An Nawawi -rahimahullah-
Tahqiq : Ishom Ash Shababithi - Hazim Muhammad
File : Pdf - 52 MB

Para ulama -rahimakumullah- telah bersepakat bahwa kitab terbaik setelah Al Qur'an adalah Kitab Shahih Al Bukhori dan Shahih Muslim. Kedua kitab ini telah terbukti diterima dengan lapang dada dan tangan terbuka oleh muslimin, namun Kitab Shahih Al Bukhori dianggap lebih shahih serta lebih banyak mengandung faedah dan pengetahuan.Telah diriwayatkan dari jalur yang shahih bahwa Imam Muslim -rahimahullah- termasuk orang yang telah mengambil faedah dari Imam Al Bukhori -rahimahullah- .Salah satu kelebihan Shahih Bukhori adalah tentang prinsip Imam Bukhori dalam hal sanad hadits. Al Bukhori tidak dengan mudah menganggap sebuah sanad hadits berstatus muttashil hanya karena ada pengakuan perawi yang berkata sami'tu (artinya aku telah mendengar) dari seorang yang hidup sezaman.Al Bukhori baru memastikan sanad itu benar-benar muttashil setelah dia tahu bahwa kedua perawi itu pernah bertemu.

Sekalipun ditinjau dari sisi kualitas sanad kitab Shahih Al Bukhori lebih unggul, namun bukan berarti kitab Shahih Muslim tertinggal dari aspek lainnya . Sebagian ulama Ahli Hadits mengatakan bahwa kitab Shahih Muslim lebih baik jika dilihat dari segi sistematika penyusunan bab dan lebih mudah difahami sehingga membantu para penuntut ilmu dalam memahami ilmu agama ini., begitu pula dengan kitab penjelasnya, yakni Syarah Shahih Muslim oleh Imam An Nawawi -rahimahullah- yang dinilai sebagai salah satu kitab syarah terbaik.

Syarah ini banyak menjelaskan masalah aqidah, hukum, akhlaq, lughoh, nama perawi, usaha mengkompromikan hadits yang nampak bertentangan serta menunjukkan dalil-dalil yang dipakai oleh berbagai madzab.Kitab Syarah shahih muslim ini disertai muqodimah yang membahas ilmu hadits dan sebagai kunci memahami kitab Shahih Muslim.inilah rangkaian kitab terjemahan dari Syarah Shahih Muslim karya Imam An Nawawi -rahimahullah- yang bisa disebut satu-satunya kitab terjemahan Syarah Muslim di Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar

berilah komentar yang saling mendukung saling menghormati sesama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting Terbaruku

Jika Artikel Atau Apa Yang Ada Di Blog Ini Bermanfaat Bagi Anda Jangan Lupa Komentarnya!! Di Bawah Ini Atau Di Buku Tamu Yang Ada Di Samping Kanan, Demi kemajuan Blog Ini

Buku Tamu Facebook

SELAMAT DATANG DI BLOG SHERING ILMU JANGAN LUPA KOMENTAR ANDA DI SINI!!
Widget by: Facebook Develop by:http://wwwsaidahmad.blogspot.com/

Entri Populer